Minggu, 22 November 2015

ASYIKNYA BELAJAR SAINS

Belajar sains lebih menyenangkan melalui eksperimen. Inilah buktinya....

 Membuat Sate Balon
Ya ….Sate Balon. Baru dengar kan?
Balon dapat ditusuk tanpa harus membuat balon tersebut meletus?
Caranya…..? Tusuk balon di bagian tempat ditiupnya balon sampai tembus di ujung lainnya. Mengapa tidak meletus…..? Hal ini disebabkan prinsip karet yang elastis. Ketika balon ditusuk di bagian yang tebal (lentur), bagian tersebut akan menutup lubang yang ditusuk sehingga tidak meletus. Tapi jangan coba-coba menusuk di bagian yang tipis ya….. nanti…. Duarrrrrr.

 Balon Meletus hanya dengan Dipegang
Kita juga dapat bermain sulap dengan meledakkan balon hanya dengan dipegang saja. 
Caranya…..? Sebelum memegang balon, telapak tangan kita dilumuri dengan minyak kayu putih kemudian pegang balon. Beberapa saat kemudian balon akan meletus.
Mengapa…..? Minyak kayu putih bersifat panas. Ketika balon dipegang, udara di dalam balon mengembang karena panas dari minyak kayu putih dan akhirnya balon meletus.

 Membalikkan Air dalam Gelas Tanpa Tumpah
Membalikkan air di dalam gelas tanpah tumpah…..? Bukan sulapan….bukan sihir. Ini adalah sains. Caranya…..? Gelas kosong diisi air sampai penuh. Tutup dengan kain dan ikatlah dengan karet gelang. Letakkan telapak tangan di mulut gelas sampai menutupi seluruh mulut gelas. Dengan cepat balikkan gelas dan tangan secara bersamaan dengan posisi tegak lurus. Secara perlahan-lahan lepaskan tangan yang menutup mulut gelas. Buktikan bahwa air dalam gelas tidak tumpah. Tidak percaya…..? Buktikan saja!
Mengapa air tidak tumpah…..? Air di dalam gelas yang dibalik dengan cepat akan menyebabkan molekul-molekul air saling berdesakan sehingga daya tarik menarik antar molekul air sangat kuat. Akibatnya air tidak tumpah. Hal ini sama persis seperti orang yang keluar pintu secara berdesakan sehingga tidak ada yang bisa keluar karena kuatnya gaya tari menarik.

 Estafet Bola Tanpa Dipegang
Memindahkan bola tanpa dipegang…. ?
Caranya…..? Sediakan tiga gelas plastik. Beri double tip pada bagian bawah gelas. Lekatkan ketiga gelas plastik ke sebuah papan atau kardus secara berurutan. Taruh bola sterofoam di gelas pertama dan mulailah ditiup sampai bola berpindah ke gelas didepannya. Jika ingin lebih seru, lakukan bersama teman-temanmu. Siapa yang akan menang…..?
 Bagaimana bisa…..? Ketika bola ditiup, angin yang keluar dari mulut mendorong bola sterofoam ke atas dan meloncat ke gelas di depannya.

 Asyik kan belajar belajar sains! Sampai jumpa lagi di lain waktu.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar