Rabu, 18 November 2015

Leader Class


 leader class SD Al Irsyad 02 Cilacap

Munculnya seorang pemimpin yang berkarater unggul merupakan cita-cita di masyarakat manapun.  Sebagian orang beranggapan bahwa pemimpin itu bisa dilahirkan, dicetak, bisa diajarkan, dan bisa dididik.  Tetapi penulis pendapat bahwa pemimpin tidak bisa dilahirkan, dibentuk, tidak bisa dicetak, bahkan cuci otak pun tak mampu mencetak pemimpin. Pemimpin adalah sebuah proses perjalanan hidup yang dialami, dipahami, dan dicita-citakan.  Pemimpin muncul dari pergolakan kehidupan yang dialami sepanjang hidup.
Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama.  
 Biasanya yang bertugas untuk mencetak pemimpin itu adalah pendidikan formal yang disebut dengan sekolah, sehingga muncul istilah sekolah calon pemimpin.  Banyak sekolah, institusi, atau lembaga menyelenggarakan sekolah calon pemimpin.  Apakah sekolah mampu melahirkan seorang calon pemimpin? Jika memang benar bahwa sekolah memiliki tugas untuk melahirkan pemimpin, maka sekolah harus mampu menjalankan tugas sebagai fasilitator, animator, dan motivator bagi munculnya benih-benih kepemimpinan.
                Leader Class merupakan program yang dikeluarkan oleh Bupati Cilacap.  Sesuai dengan namanya, leader adalah pemimpin dan class adalah kelas, maka leader class merupakan kelas yang diperuntuk untuk mendidik para calon pemimpin.  Tujuan dibukanya program leader class adalah untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin yang akan memimpin Cilacap dimasa yang akan datang.  Sebuah konsep idealis untuk mewujudkan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dalam memenangi persaingan global.  Bahkan direncanakan, siswa leader class yang berprestasi dan berpotensi nantinya akan dibiayai (beasiswa) pendidikanya sampai universitas oleh stoke holder Kabupaten Cilacap.  Program leader class di Kabupaten Cilacap terdapat dalam tiga jenjang pendidikan yaitu : SD, SMP, dan SMA.  Leader class jenjang SMA dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cilacap, jenjang SMP dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cilacap, dan  jenjang SD dilaksanakan di SD Al Irsyad 02 Cilacap.
SD Al Irsyad 02 dipilih Dinas Pendidkan Kabupaten Cilacap berdasarkan pada beberapa kriteria unggul seperti: Prestasi akdemik dan non akademik, daya dukung sekolah dan orang tua wali murid. Leader Class di SD Al Irsyad 02 telah memasuki tahun kedua, yaitu kelas 5D dan kelas 4A. Penerimaan siswa leader class di SD Al Irsyad melalui proses yang selektif dan terukur.  Tahun pertama seleksi meliputi nilai akademik, kedisiplinan, sikap dan kepribadian siswa.  Pada tahun kedua seleksi meliputi psikotes bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan hasil akademik siswa.
Output program leader class adalah menyiapkan para pemimpin masa depan yang mempunyai karakter utama seperti amanah, fatonah, shidiq, tabliq.  Materi pembelajaran program leader class sedikit berbeda dengan kelas yang lain dengan adanya tambahan beberapa materi yang menunjang pembangunan karakter unggul.  Harapannya program leader class mampu menelurkan   calon-calon pemimpin dimasa depan yang memiliki kecakapan dasar seperti agama yang kuat sebagai pondasi dasar yang utama, budi pekerti yang baik, kejujuran dan tanggung jawab serta memiliki jiwa kepemimpinan, kemandirian, kreatifitas, inofatif, dan tetap berakhlaq mulia.
Program kegiatan kelas leader yang telah dilaksanakan diantaranya adalah:
1.    Sosialisasi program oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap.
2.    Pengadaan sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran
3.    Pendidikan kewiraan bekerjasama dengan kodim Cilacap
4.    Outbond
5.    Penugasan sebagai petugas upacara
6.    Mengikuti berbagi event perlombaan

Berbagai prestasi yang telah diraih siswa leader class baik perorangan maupun kelompok adalah:
1.    Juara 1 Pesta Siaga Tingkat kecamatan selama 4 kali berurut-urut.
2.    Juara 1 Pesta Siaga Tingkat Kabupaten tahun 2013
3.    Juara 2 Lomba TUB-BB Tingkat Kecamatan tahun 2013
4.    Finalis OSN IPA Tingkat Provinsi tahun 2013, 2014
5.    Peserta Jambore Penggalang tingkat SD/MI Prov. Jawa Tengah tahun 2014
6.    dll

Ke depanya, program kegiatan leader class masih terus ditambah sesuai dengan tuntutan dan tujuan program leader class. Wallohu a’lam bish showab.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar